AL-‘ALAQ (SEGUMPAL DARAH) Surat Ke-96 : 19 Ayat

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ
Proclaim! (or read!) in the name of thy Lord and Cherisher, Who created-
001. (Bacalah) maksudnya mulailah membaca dan memulainya (dengan menyebut nama Rabbmu yang menciptakan) semua makhluk.

خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ
Created man, out of a (mere) clot of congealed blood:
002. (Dia telah menciptakan manusia) atau jenis manusia (dari ‘alaq) lafal ‘Alaq bentuk jamak dari lafal ‘Alaqah, artinya segumpal darah yang kental.

اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ
Proclaim! And thy Lord is Most Bountiful,-
003. (Bacalah) lafal ayat ini mengukuhkan makna lafal pertama yang sama (dan Rabbmulah Yang Paling Pemurah) artinya tiada seorang pun yang dapat menandingi kemurahan-Nya. Lafal ayat ini sebagai Haal dari Dhamir yang terkandung di dalam lafal Iqra’.

الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ
He Who taught (the use of) the pen,-
004. (Yang mengajar) manusia menulis (dengan qalam) orang pertama yang menulis dengan memakai qalam atau pena ialah Nabi Idris a.s.

عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ
Taught man that which he knew not.
005. (Dia mengajarkan kepada manusia) atau jenis manusia (apa yang tidak diketahuinya) yaitu sebelum Dia mengajarkan kepadanya hidayah, menulis dan berkreasi serta hal-hal lainnya.

كَلا إِنَّ الإنْسَانَ لَيَطْغَى
Nay, but man doth transgress all bounds,
006. (Ketahuilah) artinya memang benar (sesungguhnya manusia benar-benar melampaui batas)

أَنْ رَآهُ اسْتَغْنَى
In that he looketh upon himself as self-sufficient.
007. (karena dia melihat dirinya) sendiri (serba cukup) dengan harta benda yang dimilikinya; ayat ini diturunkan berkenaan dengan sikap Abu Jahal. Dan lafal Ra-aa tidak membutuhkan Maf’ul kedua; dan lafal An Ra-aahu berkedudukan sebagai Maf’ul Lah.

إِنَّ إِلَى رَبِّكَ الرُّجْعَى
Verily, to thy Lord is the return (of all).
008. (Sesungguhnya hanya kepada Rabbmulah) hai Manusia (tempat kembali) yakni kembali kalian nanti, karena itu Dia kelak akan memberi balasan kepada orang yang melampaui batas sesuai dengan dosa-dosa yang telah dilakukannya. Di dalam ungkapan ini terkandung ancaman dan peringatan buat orang yang berlaku melampaui batas.

أَرَأَيْتَ الَّذِي يَنْهَى
Seest thou one who forbids-
009. (Bagaimana pendapatmu) lafal Ara-ayta dan dua lafal lainnya yang sama nanti mengandung makna Ta’ajjub (tentang orang yang melarang) yang dimaksud adalah Abu Jahal.

عَبْدًا إِذَا صَلَّى
A votary when he (turns) to pray?
010. (Seorang hamba) yang dimaksud adalah Nabi Muhammad saw. (ketika dia mengerjakan salat.)

أَرَأَيْتَ إِنْ كَانَ عَلَى الْهُدَى
Seest thou if he is on (the road of) Guidance?-
011. (Bagaimana pendapatmu jika orang yang dilarang itu) (berada di atas kebenaran)

أَوْ أَمَرَ بِالتَّقْوَى
Or enjoins Righteousness?
012. (Atau) huruf Au di sini menunjukkan makna Taqsim (dia menyuruh bertakwa.)

أَرَأَيْتَ إِنْ كَذَّبَ وَتَوَلَّى
Seest thou if he denies (Truth) and turns away?
013. (Bagaimana pendapatmu jika orang yang melarang itu mendustakannya) yakni mendustakan Nabi saw. (dan berpaling) dari iman?

أَلَمْ يَعْلَمْ بِأَنَّ اللَّهَ يَرَى
Knoweth he not that Allah doth see?
014. (Tidakkah dia mengetahui bahwa sesungguhnya Allah melihat) apa yang dilakukannya itu; artinya Dia mengetahuinya, karena itu Dia kelak akan memberi balasan kepadanya dengan balasan yang setimpal. Maka sudah sepatutnya kamu hai orang yang diajak berbicara untuk merasa heran terhadap orang yang melarang itu, karena ia melarang Nabi melakukan salat, padahal orang yang dilarangnya itu berada dalam jalan hidayah dan memerintahkan untuk bertakwa. Yang amat mengherankan lagi ialah bahwa yang melarangnya itu mendustakannya dan berpaling dari iman.

كَلا لَئِنْ لَمْ يَنْتَهِ لَنَسْفَعًا بِالنَّاصِيَةِ
Let him beware! If he desist not, We will drag him by the forelock,-
015. (Sekali-kali tidaklah demikian) kalimat ini mengandung makna hardikan dan cegahan baginya (sungguh jika) huruf Lam di sini menunjukkan makna qasam atau sumpah (dia tidak berhenti) dari kekafiran yang dilakukannya itu (niscaya Kami akan tarik ubun-ubunnya) atau Kami akan seret dia masuk neraka dengan cara ditarik ubun-ubunnya.

نَاصِيَةٍ كَاذِبَةٍ خَاطِئَةٍ
A lying, sinful forelock!
016. (Yaitu ubun-ubun) lafal Naashiyatan adalah isim Nakirah yang berkedudukan menjadi Badal dari isim Ma’rifat yaitu lafal An-Naashiyah pada ayat sebelumnya (orang yang mendustakan lagi durhaka) makna yang dimaksud adalah pelakunya; dia disifati demikian secara Majaz.

فَلْيَدْعُ نَادِيَهُ
Then, let him call (for help) to his council (of comrades):
017. (Maka biarlah dia memanggil golongannya) yakni teman-teman senadinya; Nadi adalah sebuah majelis tempat mereka memusyawarahkan sesuatu perkara. Sesungguhnya orang yang melarang itu mengatakan kepada Nabi saw. sewaktu dia mencegahnya dari melakukan salat, “Sesungguhnya aku telah mengetahui bahwa tiada seseorang pun di Mekah ini yang lebih banyak teman senadinya daripada aku. Sesungguhnya jika kamu mau meninggalkan salat, aku benar-benar akan memberikan kepadamu, kuda-kuda yang tak berpelana dan laki-laki pelayan sepenuh lembah ini. ”

سَنَدْعُ الزَّبَانِيَةَ
We will call on the angels of punishment (to deal with him)!
018. (Kelak Kami akan memanggil malaikat Zabaniyah) mereka adalah malaikat-malaikat yang terkenal sangat bengis lagi kejam, untuk membinasakannya, sebagaimana yang telah disebutkan di dalam salah satu hadis, yaitu, “Seandainya dia benar-benar memanggil golongan senadinya, niscaya dia akan diazab oleh malaikat Zabaniyah secara terang-terangan. ”

كَلا لا تُطِعْهُ وَاسْجُدْ وَاقْتَرِبْ
Nay, heed him not: But bow down in adoration, and bring thyself the closer (to Allah)!
019. (Sekali-kali tidaklah demikian) kalimat ini mengandung hardikan dan cegahan baginya (janganlah kamu patuhi dia) hai Muhammad untuk meninggalkan salat (dan sujudlah) maksudnya salatlah demi karena Allah (dan mendekatlah) kepada-Nya dengan melalui amal ketaatan.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: